Hentikan Praktik Travel Umrah Bodong, Bankaltimtara Cabang Syariah Samarinda Sosialisasikan Siskopatuh

Umum

Tidak sedikit masyarakat takut melaksanakan ibadah ke Tanah Suci menggunakan jasa travel. Maraknya kasus penipuan yang mengatasnamakan travel haji dan umrah menjadi alasan utama hal itu terjadi.

Mengatasi hal tersebut, pemerintah melalui kementerian Agama membuat aplikasi bernama Sistem Informasi dan Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (Siskopatuh).

“”Kita ingin aplikasi ini terintegrasi dengan lembaga terkait sehingga kita bisa mengetahui melalui aplikasi bagaimana proses bisnis umrah dilakukan sehingga tujuan utamanya jangan sampai ada lagi calon jamaah umrah yang dirugikan,” kata Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin, yang dikutip dari Kemenag.go.id, Jumat (26/7)

Di Samarinda sendiri, system ini telah disosialisasikan oleh Bankaltimtara Cabang Syariah Samarinda. Bertemakan Gathering dan Sosialisasi Siskopatuh 2019, kegiatan itu dilaksanakan di ballroom lantai 10 Hotel Selyca Mulia Samarinda, Senin (23/9).

Pemimpin Divisi Bisnis PT BPD Kaltim Kaltara Cabang Syariah Samarinda Dhani Setia Adji mengatakan, pada aplikasi ini, ada standar dan aturan yang harus diikuti. Salah satunya terkait biaya keberangkatan ke Tanah Suci sesuai standar kementerian agama yaitu minimum Rp 20 Juta. Jadi, jika ada yang di bawah itu, tidak dapat terakses dengan aplikasi ini.

“Jika memang ada travel yang memiliki promo dibawah angka tersebut, agar dapat masuk ke aplikasi ini, harus digenapkan hingga mencapai nilai standar yang sudah di tetapkan. Entah itu dari pihak travel yang menambah atau bagaimana ya itu terserah mereka. Dan Jamaah tidak perlu khawatir uang akan hilang karena uang yang disetorkan dipegang oleh pihak bank dan pihak travel hanya dapat menggunakannya sesuai aturan yang sudah di tetapkan. Dan semua itu terawasi,” jelas Dhani.

Dia berharap, dengan adanya aplikasi ini, travel-travel nakal yang memanfaatkan calon jamaah yang sangat berkurang dan para calon jamaah yang ingin beribadah dapat tenang.

Pada sambutannya, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kaltim Sofyan Noor sangat mengapresiasi langkah Bankaltimtara Cabang Syariah Samarinda yang mengadakan sosialisasi ini.

“Ini yang pertama di Indonesia. Maka dari itu sangat sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bankaltimtara Cabang Syariah Samarinda yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini,” ucap Kakanwil Kemenag Kaltim.

Untuk informasi lebih jelas terkait Siskopatuh, Anda dapat mengunjungi Bankaltimtara Cabang Syariah Jalan Ahmad Yani Samarinda. (dan)

Dan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *